Santiago Calatrava

Salah satu arsitek hebat favorit saya adalah Santiago Calatrava. Ia adalah arsitek berkebangsaan Spanyol yang karya-karyanya sudah sangat mendunia. Sekarang saya akan mengulas sedikit tentang beliau.

Santiago Calatrava


PENDAHULUAN

Seiring dengan perkembangan zaman dan budaya, kita telah dihadapi dengan pemahaman ilmu bangunan. Ilmu bangunan itu sekarang lebih dikenal dengan istilah teknik arsitektur. Teknik arsitektur itu sendiri memiliki makna yang luas dalam kehidupan manusia. Ruang lingkup arsitektur sangat besar dan mencakup berbagai macam disiplin ilmu. Beberapa bidang itu seperti seni, matematika, fisika, ekonomi, filsafat, psikologi, hingga hukum dapat berkaitan dengan arsitektur. Berbagai macam perpaduan disiplin ilmu tersebut memberikan makna bawha arsitektur dapat dikatakan sebagai integrated sience. Dengan demikian arsitektur dapat di aplikasikan secara lebih kompleks ke dalam kehidupan manusia.
Salah satu tokoh arsitektur dunia adalah Santiago Calatrava. Ia adalah arsitektur berkebangsaan Spanyol yang banyak berkontribusi dalam perancangan gedung-gedung di dunia. Karya-karyanya sangat popular di kalangan dunia. Selain dikenal sebagai seorang arsitek, ia juga dikenal sebagai pematung dan pelukis. Ia mengklaim bahwa arsitektur menggabungkan semua seni menjadi satu.
Karya-karya Santiago Calatrava banyak dipengaruhi oleh karakter-karakter mengagumkan seperti Robert Maillart dan Antonio Gaudi. Sebuah ‘Kerangka Anjing’ yang terdapat di kantornya di Zurich menjadi sebuah landasan ketertarikannya pada bentuk-bentuk organik. Calatrava banyak menerapkan karya arsitektur yang bersifat biorhytmics yang berarti segala aspek yang terkait dengan desain mengambil filosofi dari pola atau irama hidup makhluk itu sendiri atau makhluk hidup dengan lingkungannya.

 ANALISA




Santiago Calatrava Valls adalah salah satu arsitektur berkebangsaan Spanyol yang karyanya telah mendunia. Calatrava lahir pada 28 Juli 1951 dan karyanya telah dikenal banyak orang. Ia adalah seorang arsitek dengan gaya tektonika struktur di setiap karyanya. Calatrava dikenal sebagai arsitek yang menggabungkan kekuatan seni dan struktur di setiap karyanya.
Karya-karya Calatrava tersebar di berbagai kota-kota besar di dunia. Karyanya identic dengan permainan tektonika struktur dan eksploitasi struktur yang sangat dominan. Hasil karyanya diperoleh dari beragam komponen struktur yang membetuk bangunan secara keseluruhan. Bagian yang paling utama dari karya-karya Calatrava diperoleh dari keberaniannya memainkan pernan struktur sehingga peranan struktur itu sendiri tidak sekedar sebagai pemikul beban bangunan, tetapi juga pembentuk form bangunan.
Calatrava memiliki ciri yang berbeda dari kebanyakan arsitektur pada umumnya yang banyak menyembunyikan struktur dan lebih memilih peranan elemen arsitektur lainnya sebagai daya tarik dalam karyanya. Ia banyak bereksperimen dengan eksploitas struktur sehingga digelari sebagai arsitektur bergaya tektonika (tektonika struktur).
Calatrava selain sebagai arsitektur ia juga dikenal sebagai seorang seniman. Latar belakang pendidikannya selain arsitektur yaitu civil engineering.
Pendidikan
Dari umur delapan tahun, ia sudah bersekolah di Arts and Crafts School. Di sekolah ini ia memperoleh dasar-dasar keahlian untuk menggambar dan melukis. Pada umur tiga belas tahun, ia memperoleh pertukaran pelajar antar negara dan ia melanjutkan studi ke Perancis. Setelah itu ia kembali ke Valencia dan mengambil jurusan arsitektur di Escuela Tecnica Superior de Arquitectura, lalu melanjutkan lagi untuk master degree di jurusan urbanism.
Karena minat dan keterarikannya, pada tahun 1975 ia melanjutkan lagi studinya di jurusan sipil di ETH (Federal Institute of Technology) di Zurich. Ia memperoleh gelar Ph.D di tahun 1979. Program S1 dan S2 Calatrava ditempuh di bidang arsitektur dan menyelesaikan program S3 pada bidang civil engineering.
Faktor-faktor latar pendidikan inilah yang mempengaruhi gaya Calatrava dalam berkarya. Ia berbekal pengetahuan seni dan arsitektur dan kekuatan konstruksi dan rekayasa sipil. Ini semua menjadi gabungan dalam eksperimental karyanya yang tampil ekspresif. Karyanya selalu mengundang banyak kekaguman serta mosi tidak percayanya.
Karya-karya Calatrava sangat mengagumkan dan spektakuler, dan katyanya begitu diterima dan dikagumi masyarakat luas. Ia dikenal sedengan tekonika strukturnya yang menghadirkan bangunan luar biasa unik, estetis, dan terkesan mustahil seolah-olah menentang hukum gravitasi.

Karir
Di awal karirnya, ia bekerja sebagai seorang insinyur dan memasuki kompetisi desain arsitektur. Ia pertama kali menjadi pemennang kompetisi pada tahun 1983, untuk desain konstruksi Stadelhofen Stasiun di Zurich (stasiun kereta api). Disini ia juga mulai mendirikan kantor konsultan pertamanya.
Pada tahun berikutnya, ia merancang dan membangun sebuah jembatan untuk olimpiade di Barcelona ‘Bach de Roda Bridge’. Ini merupakan bentuk pencapaian prestasi Clatrava dan sebagai awal rangkaian proyek jembatan yang mengangkat namanya. Selain sebagai arsitektur gedung-gedung tinggi ia juga ahli dalam rekayasa jembatan dan proyek rekayasa civil engineering. Ia telah menyelesaikan puluhan proyek konstruksi jembatan dan selalu dengan ciri khasnya memainkan peranan-peranan struktur ekspos dalam membentuk estettika bangunan. Ia juga telah membangun tiga kantor perusahaannya sendiri di tiga tempat berbeda.
Karya
1.         Alameda Bridge dan stasiun metro, Valencia , Spanyol
2.         1983-1984, Jakem Baja Gudang, Munchwilen, Swiss
3.         1983-1985, Ernsting Gudang, Coesfeld, Jerman
4.         1983-1988, Sekolah Tinggi Wohlen, Wohlen, Swiss
5.         1983-1990, Stadelhofen Stasiun Kereta Api , Zürich , Swiss
6.         1983-1989, Lucerne Stasiun Hall, Lucerne , Swiss
7.         1984-1987, Bac de Roda Bridge, Barcelona , Spanyol
8.         1984-1988, Barenmatte Community Center, Suhr, Swiss,
9.         1986-1987, Tabourettli Theater, Basel , Swiss,
10.     1987-1992, Allen Lambert Galleria (di Tempat Brookfield ),Toronto , Kanada,
11.     1989-1994, Stasiun TGV , Lyon , Prancis
12.     1992, Puente del Alamillo , Seville , Spanyol
13.     1992, Puente de Lusitania, Mérida , Spanyol
14.     1992, Menara Komunikasi Montjuic di Cincin Olimpiade,Barcelona , Spanyol
15.     1992, Pameran Dunia , Kuwait Pavilion, Seville, Spanyol
16.     1994, Mimico Creek Bridge, Humber Teluk Taman, Toronto, Ontario
17.     1994, Oberbaumbrücke , Berlin, Jerman (1896)
18.     1994-1997, Campo Volantin jembatan , Bilbao, Spanyol
19.     1995, Trinity Jembatan, jembatan di atas Sungai Irwell , Salford , Inggris
20.     1996-2009, Ciutat de les Arts i les Ciències , Valencia , [Spanyol]Lihat di peta
22.     1998, Gare lakukan Oriente , Lisabon , Portugal
23.     2000 terminal, Baru di Bandara Bilbao , Bilbao , Spanyol
24.     2001, Museum Seni Milwaukee , Milwaukee , Wisconsin , AS
25.     2001, Puente de la Mujer , di Puerto Madero barrio Buenos Aires, Argentina
26.     2001, Bodegas Ysios, Laguardia , Spanyol
28.     2003, James Joyce Jembatan , jembatan di atas Sungai Liffey ,Dublin , Irlandia
29.     2003, Auditorio de Tenerife , pertama melakukan arsitek seni fasilitas, Santa Cruz de Tenerife , Spanyol
30.     2004, desain ulang Olimpiade Athena Sports Complex , Athena , Yunani
31.     2004, Jembatan Sundial di Turtle Bay , Redding, California , Amerika Serikat
32.     2004, Tiga jembatan (disebut Harpa, Cittern dan Lute) mencakuputama kanal dari Haarlemmermeer , Belanda
33.     2004, University of Zurich , “Bibliothekseinbau” perpustakaan renovasi, Zürich , Swiss
34.     2005, jembatan yang menghubungkan mal Ovnat perbelanjaan dan Rabin Medical Center ( Beilinson ) di Petah Tikva , Israel
35.     2005, Turning Torso , Malmö , Swedia
36.     2007, 3 Jembatan di Jalan Raya A1 dan TAV Kereta Api, Reggio Emilia , Italia
37.     2008, Chords Jembatan di pintu masuk ke Yerusalem , Israel , sebuah jembatan light rail
38.     2008, Ponte della Costituzione jembatan dari Piazzale Roma atasGrand Canal , Venice , Italia
39.     2008-2009, Technion Obelisk , monumen di Technion kampus diHaifa , Israel
40.     2009, Liège-Guillemins TGV Stasiun Kereta Api, Liège , Belgia
41.     2009, Samuel Beckett Bridge , jembatan di atas Sungai Liffey ,Dublin , Irlandia
42.     2009, Caja Madrid Obelisk , Madrid , Spanyol

43.     2011, Palacio de Congresos de Oviedo , Oviedo, Asturias , Spanyol,

Karya Santiago Calatrava:

1.  Stasiun Kereta Api Stadelhofen , di Zurich , Swiss , 1983-1984


Stasiun yang dibangun oleh Calatrava menurut saya sangat efisien baik dalam tata ruang cahaya maupun penempatan lahan. Rel yang tidak terlalu memakan banyak tempat dan desain stasiun yang terbuka membuat masyarakat dapat merasakan keadaan lingkungan luar. Tata letak kaca kaca pada bagian diatas kereta api juga memberikan nilai estetis tersendiri bagi pengamat.

2. Alamillo Bridge dan La Cartuja Viaduct , di Seville , Spanyol , 1987-1992 
Menurut saya, jembatan ini memiliki ciri khas tersendiri bagi penggunanya. Bentuk yang terbuka akan membuat orang yang melewati jembatan ini pasti akan selalu mengingatnya. Calatrava berhasil menciptakan karya yang diminati orang dan sesuai fungsinya.

3. Campo Volantin Footbridge , di Bilbao , Spanyol , 1990-1998

Jembatan-jembatan yang diciptakan oleh Calatrava selalu mengeskpos bagian yang menarik perhatian banyak orang. Ide pikiran yang diwujudkannya pada jembatan ini juga memiliki fungsional dan estetika yang baik. Jembatan ini juga menjadi salah satu jembatan yang membuat nama Calatrava dikenal banyak orang.

4. Airport Sondica , di Bilbao , Spanyol , 1990-1999
Bentuk dari bangunan ini menurut saya seolah berkata bahwa saya adalah bangunan untuk bandara. Orang yang melihat bangunan ini walaupun belum pernah mengunjunginya pasti akan berpikiran bahwa ini adalah bandara. Ini berarti Calatrava lagi-lagi berhasil mengkomunikasikan antara desain bangunan dengan fungsinya.

5. Bridge Alameda, di Valencia , Spanyol , 1991-1995
Jembatan ini menunjukan sisi yang menonjolkan lengkungan yang menurut saya merupakan kebebasan. Bentuk lengkungan dalam setiap karya Calatrava seolah bicara bahwa aku diciptakan oleh seorang Calatrava. Bentuk jembatan ini sangat edgy dan walaupun lebih simple dari karya Calatrava yang lain, jembatan ini tetap menarik perhatian mata.

6.  Kota Museum Sains, Kesenian dan Planetarium , di Valencia , Spanyol

Menurut saya bangunan  ini membius penikmatnya. Bentuknya yang terbuka juga menjadi ciri khas tersendiri dari bangunan lain. Kesan modern sangat terlihat pada bangunan ini karena sisi kontemporer yang mengikuti zaman sangat terlihat yaitu dengan adanya lengkungan-lengkungan pada atap yang tampak berbeda dari bangunan lainnya.

7. Stasiun Oriente , di Lisbon , Portugal , 1993-1998

Menurut saya bangunan ini terkesan mewah dan modern. Hal ini dapat terlihat dari sisi eksterior bangunan yang menunjukkan bentuk-bentuk terkesan modern. Sisi yang ditonjolkan keluar juga membuat bangunan ini tampak memiliki keunikan tersendiri.


8. Milwaukee Art Muesum , di Milwaukee , Wisconsin


Menurut pendapat saya bangunan ini sangat tidak biasa karena desain yang berbeda dengan bangunan lain pada umunya. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bangunan tersebut. Saya pribadi sangat menyukai bangunan ini karena dipenuhi dengan bentuk-bentuk yang menarik mata dan warna putih yang membuatnya terlihat elegan.



PENUTUP

Arsitektur selalu berkaitan dengan kebudayaan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Arsitektur mencakup skala makro yaitu termasuk perencanaan kota dan skala mikro yang meliputi desain interior dan desain produk.
Dengan mempelajari arsitektur dengan baik, diharapkan kita dapat memahami kaidah-kaidah dan unsur-unsur yang ada didalamnya sehingga bisa bermanfaat dalam kehidupan. Ilmu-ilmu arsitektur juga harus kita terapkan dalam kehidupan manusia karena mencakup seluruh aspek kehidupan. Selain itu dengan mempelajari dan menerapkan arsitektur dalam kehidupan, hal ini dapat menguntungkan orang banyak, baik dalam aspek fungsiologis maupun aspek lainnya. 


Herina Putri R.


















1 komentar: