Konsep Rumah




Pada kesempatan kali ini saya akan membuat rumah dengan konsep tropis. Saya memilih konsep tropis karena rumah dengan konsep tropis merupakan konsep yang sangat cocok diterapkan di Indonesia. Ini karena Indonesia sendiri merupakan negara beriklim tropis.
Konsep rumah saya akan menjadi desain rumah tropis yang memiliki halaman depan dan teras yang cukup lebar. Rumah yang saya buat juga akan mempunyai atap miring. Selain itu setiap ruangan di rumah saya akan memiliki bukaan atau jendela ventilasi yang memadai agar memperoleh cahaya matahari yang cukup serta sirkulasi udara yang baik. Saya ingin rumah yang akan saya bangun dengan konsep tropis ini bisa memberikan kenyamanan maksimal pada hunian dan membuat rumah ini enak dipandang secara visual.
Saya juga akan menambahkan ornamen-ornamen kayu pada setiap bagian di rumah saya. Saya juga akan menanam banyak tumbuhan hijau misalnya palem di sekitar rumah saya agar menambah kesan rumah tropis. Rumah saya sendiri akan memiliki empat  kamar tidur dengan satu kamar tidur utama, ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, ruang kerja, ruang cuci, dapur, garasi, dan dua kamar mandi. Saya juga akan membuat taman di bagian depan dan belakang rumah saya dan ada kolam kecil sebagai penetralisir.


Mind Mapping Rumah

1.       Ornamen kayu
Saya akan membuat rumah tropis saya banyak dijumpai ornamen-ornamen kayu didalamnya. Misalnya untuk furniture, saya akan memilih yang bergaya modern dan alam dengan menggunakan sofa dan meja kayu dengan sedikit ukiran di kaki meja. Pada area taman juga saya akan memberi sentuhan alam yaitu penambahan unsur kayu pada lampu taman. Saya juga akan memberikan kisi-kisi kayu pada bukaan jendela ataupun ventilasi yang cukup besar agar cahaya matahari di siang hari tidak sepenuhnya masuk ke dalam ruangan.
2.       Sirkulasi udara baik
Agar sirkulasi udara baik, saya akan membuat pintu dan jendela dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu saya juga akan membuat ventilasi-ventilasi di setiap ruangan agar udara bisa masuk dengan mudah ke dalam rumah. Saya juga akan membuat kolam di taman rumah saya agar suhu udara di dalam ruangan dapat ternetralisir dengan memasukan unsur air ke dalam desain rumah.

3.       Ruang tanpa sekat
Rumah tropis tidak selamanya memiliki ruangan tertutup, beberapa ruangan akan saya biarkan tanpa sekat. Saya akan meminimalisir penggunaan sekat di rumah saya agar terkesan luas dan sirkulasi udara menjadi lebih sehat. Dengan ruangan tanpa sekat rumah akan lebih sehat karena sirkulasi udara antar ruangan akan baik.
4.        Tumbuhan hijau
Saya akan menanam banyak tumbuhan hijau di sekitar rumah saya. Hal ini bertujuan agar memberi kesan tropis pada rumah saya. Selain itu dengan banyaknya tumbuhan hijau di sekitar rumah saya akan membuat sirkulasi udara menjadi baik karena banyaknya oksigen yang dihasilkan. Rumah tropis saya akan menjadi lebih hijau dan membuat penghuni rumah saya akan nyaman berada di dalamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar